Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk IBRI) akan terus meningkatkan layanan perbankan via SMS. Selain sebagai langkah efisiensi, minat nasabah menggunakan aplikasi SMS banking kian meningkat. Untuk itu BRI berencana menyasar peningkatan pengguna SMS banking hingga 2,5 juta pengguna tahun ini, naik dari 1,5 juta user di 2011.
"Animo masyarakat menggunakan alikasi SMS Banking RBI terus tumbuh pesat. Transaksi SMS Banking BRI melalui ponsel, baik melalui ponsel biasa atau ponsel pintar sudah mencapai tiga juta kali transaksi," ujar Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali di Jakarta, Selasa (7/2/2012).
Di 2011 lalu, BRI mencatat pertumbuhan pengguna SMS Banking yang cukup pesat, yakni dari 620 ribu user dengan total volume transaksi 1,4 juta menjadi 1,59 user dengan tiga juta transaksi. "Itu sebabnya, kami optimistis target user SMS Banking BRI di 2012 sekitar 2,5 juta user, sedangkan target transaksinya kira-kira 5 juta transaksi," kata Ali.
SMS Banking BRI sendiri merupakan layanan yang lebih efisien bagi bank untuk menjangkau pelosok tanah air. Penetrasi perbankan melalui ponsel telah memudahkan dan menekan biaya operasional. Dengan demikian, struktur biaya perbankan bisa lebih ditekan. Saat ini ada kurang lebih 40 fitur SMS banking yang diberikan BRI.
Selain SMS, Ali mengatakan, BRI juga aktif mengedukasi segmen mikro dan pedesaan menggunaan internet banking, e-banking BRI. “Beberapa program yang telah kami siapkan antara lain, program bundling antara Simpedes dengan SMS Banking. Jadi apabila ada pembukaan rekening Simpedes, maka nasabah juga diharuskan untuk mendaftarkan fasilitas SMS banking,” ungkap Ali.