TIONGKOK, Stabilitas – Alibaba Group Holding Limited hari ini mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal yang berakhir pada 30 Juni 2019.
Alibaba melaporkan, berhasil meraup pendapatan sebesar RMB114,92 miliar (USD16,74 miliar), meningkat 42 persen dari tahun sebelumnya.
“Alibaba melewati kuartal yang sangat baik, memperluas basis pengguna kami menjadi 674 juta pengguna aktif tahunan, yang menunjukkan keunggulan pengalaman konsumen yang kami hadirkan,” kata Daniel Zhang, Chief Executive Officer Alibaba Group.
BERITA TERKAIT
Konsumen aktif tahunan di marketplace retail Tiongkok mencapai 674 juta, meningkat 20 juta dalam periode 12 bulan yang berakhir pada 31 Maret 2019. Sementara itu, jumlah pengguna aktif mobile bulanan (Mobile MAU) di marketplace retail Tiongkok mencapai 755 juta pada Juni 2019, naik 35 juta dari Maret 2019.
“Kami akan terus memperluas basis konsumen kami, meningkatkan efisiensi operasional dan menghadirkan pertumbuhan yang kuat. Dengan kuatnya arus kas dari bisnis perdagangan utama kami, kami akan terus berinvestasi pada teknologi dan menghadirkan transformasi digital bagi jutaan pelaku bisnis di dunia,”lanjutnya.
Pendapatan dari operasional sebesar RMB24,38 miliar (USD3,55 miliar), meningkat 204 persen yoy. Peningkatan ini seharusnya 27 persen dengan tidak memperhitungkan biaya kompensasai saham terkait apresiasi Ant Financial kepada para karyawan kami. Biaya ini lebih tinggi secara signifikan di kuartal yang berakhir 30 Juni 2018 karena selama kuartal tersebut Ant Financial menyelesaikan pembiayaan ekuitas dengan valuasi lebih tinggi, yang mengharuskan kami memperhitungkan peningkatan nilai dari apresiasi karyawan ini. Margin laba sebelum bunga, pajak dan amortisasi (EBITDA) yang disesuaikan meningkat 34 persen yoy menjadi RMB39,24 miliar (USD5,72 miliar).
EBITDA yang disesuaikan untuk perdagangan utama adalah RMB41,03 miliar (USD5,98 miliar), meningkat 25 persen yoy. Sedangkan EBITDA yang disesuaikan dari bisnis perdagangan utama berbasis marketplace, pengukuran non-GAAP, meningkat 27 persen yoy menjadi RMB46,8 miliar (USD6,82 miliar. Alibaba juga melaporkan pendapatan bersih dari kepemilikan saham biasa adalah RMB21,25 miliar (USD3,1 miliar), dan pendapatan bersih adalah RMB19,12 miliar (USD2,79 miliar). Pendapatan bersih non-GAAP adalah RMB30,95 miliar (USD4,51 miliar), meningkat 54 persen dari yoy.
Pendapatan terdilusi per ADS adalah RMB 8,06 (USD1,17) dan pendapatan terdilusi non-GAAP per ADS adalah RMB12,55 (USD1,83), meningkat 56 persen yoy. Kas bersih dari aktivitas operasional adalah RMB 34,61 miliar (USD5,04 miliar) dan arus kas bebas non-GAAP adalah RMB 26,36 miliar (USD3,84 miliar).
“Kami memulai tahun fiskal ini dengan kinerja kuartal yang kuat, dengan peningkatan pendapatan 42 persen dan EBITDA yang disesuaikan tumbuh 34 persen dari tahun ke tahun,”kata Maggie Wu, Chief Financial Officer Alibaba Group.
“Kami sangat senang melihat berkelanjutannya interaksi pengguna dan belanja konsumen di seluruh platform kami. Kami akan terus berinvestasi pada pertumbuhan jangka panjang dan secara parallel melakukan efisiensi biaya di bidang investasi,”pungkasnya.





.jpg)










