Jakarta – Dalam rangka memperingati milad yang ke-6, BRISyariah meluncurkan Internet Banking BRIS. Internet Banking BRIS adalah fasilitas layanan transaksi perbankan melalui jaringan internet yang dapat diakses 24 jam, Internet Banking BRIS akan memberikan nasabah kemudahan, kepraktisan, keamanan serta kenyamanan dalam melakukan transaksi secara online, kapanpun dan dimanapun nasabah berada dengan menggunakan PC, Laptop, Notebook atau Tab/iPad.
Fitur layanan yang tersedia dalam Internet Banking BRIS meliputi transaksi non finansial dan transaksi finansial yaitu: informasi saldo, informasi mutasi rekening tabungan/giro, informasi portfolio rekening tabungan/giro, informasi deposito, cetak (download) mutasi rekening tabungan/giro, transfer antara rekening BRISyariah, transfer online ke rekening bank jaringan ATM Bersama dan Prima, transfer antar bank via SKN (Sistem Kliring Nasional), transfer antara bank via RTGS (Real Time Gross Settlement), pembayaran tagihan listrik, pembayaran non taglis dan pembelian pulsa (prepaid).
Keuntungan menggunakan layanan Internet Banking BRIS yaitu dapat menghemat waktu, nasabah tidak perlu meninggalkan meja kerja, cukup gunakan PC, Laptop atau smartphone yang telah terkoneksi dengan jaringan internet. Kedua aman, dilengkapi sistem keamanan berlapis dengan dukungan keamanan jaringan SSL (Secure Socket Layer) bersertifikat versign 128 bit serta teknologi pengaman transaksi menggunakan soft token/sms token yang lebih unggul dibanding beberapa Bank Syariah lain, e-token merupakan salah satu bentuk proteksi (second layer protection) dalam melakukan transaksi financial di Internet Banking.
Semua jenis handphone, sepanjang dapat menerima SMS (short message service) dapat digunakan sebagai e-token BRIS. Ketiga transaksi real time online, karena dapat dilakukan kapanpun dimanapun melalui jaringan internet. Keempat hemat biaya transaksi, hamper seluruh fitur yang ada dapat digunakan secara GRATIS. Kelima satu akses untuk semua produk, dengan login hanya menggunakan 1 user ID nasabah dapat sekaligus mengakses seluruh produk yang dimiliki di BRISyariah. Dan satu lagi keunggulan Internet Banking BRIS yaitu sebagai bank pertama yang menerapkan metode online register, dimana untuk memperoleh layanan Internet Banking BRIS nasabah langsung melakukan self service register di website.
“Masyarakat dapat menikmati layanan Internet Banking BRIS dengan mudah yaitu telah memiliki rekening tabungan BRISyariah di kantor cabang/kantor cabang pembantu/kantor kas BRISyariah. Nasabah juga harus memiliki kartu ATM BRIS, nomor ponsel, dan memiliki alamat e-mail,” kata Group Head Funding & Banking Services Wijayanto.
Selanjutnya nasabah melakukan proses registrasi Internet Banking BRIS yang dilakukan melalui website www.brisyariah.co.id atau https://ibank.brisyariah.co.id; dengan melakukan login ke website tersebut, proses registrasi nasabah menginput no. kartu ATM BRIS, PIN kartu ATM BRIS, no.hp dan alamat email, nasabah membuat user ID dan password e-banking. Bisa juga dengan datang lanngsung ke Kantor Cabang BRISyariah, nasabah mengisi form layanan Internet Banking BRIS dan membawa dokumen pendukung, apabila form telah dilengkapi nasabah maka petugas CS akan memproses permintaan registrasi layanan Internet Banking BRIS, setelah proses registrasi selesai nasabah dapat sekaligus melakukan proses aktivasi fitur finansial.
Sementara untuk melakukan pemesanan e-token BRIS sebagai fasilitas tambahan untuk melakukan aktivasi transaksi finansial nasabah dan melakukan proses aktivasi e-token BRIS pada layanan Internet Banking BRIS nasabah.
Dengan diluncurkannya Internet Banking BRIS, telah membuat lengkap semua layanan e-channel yang sebelumnya telah diluncurkan, yaitu: ATM, Mobil ATM, SMS Banking, Mobile Banking dan EDC.
Tambah Outlet
Menurut Direktur Utama BRISyariah Moch. Hadi Santoso, tahun 2015 BRISyariah akan mengembangkan jaringan outlet besar-besaran dengan bersinergi dengan induk. “Semua outlet Bank BRI akan menjadi Kantor Layanan Syariah (KLS) yang menjual produk Tabungan faedah BRISyariah iB,” ujarnya.
Seperti diketahui, Bank BRI sampai saat ini merupakan bank dengan jumlah outlet terbesar di Indonesia dan tersebar sampai ke pelosok negeri. “Jumlah outlet Ini merupakan jumlah yang sangat besar sekaligus potensi yang luar biasa untuk mengembangkan perbankan syariah di Tanah Air agar dapat dinikmati sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia,” papar Hadi.
Lebih jauh Hadi mengungkapkan, di ulang tahunnya yang keenam, BRISyariah tetap menunjukkan keunggulan di tengah kelesuan industri keuangan tahun ini. “Keunggulan ini antara lain ditandai dengan peringkat lebih baik dari Fitch Rating, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), dan KPR Sejahtera (FLPP) yang kian jadi pilihan masyarakat dimana BRISyariah menjadi bank penyalur kedua terbesar,” ujarnya.
Ketika kinerja sebagian besar bank menurun, bahkan ada yang mengalami pertumbuhan negatif, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) BRISyariah dari produk tabungan, justru melesat naik. Perbandingan tahun ke tahun, pertumbuhan DPK tabungan per September 2014 naik sebesar 40 persen. Sementara pertumbuhan DPK tabungan per Oktober 2014 (yoy) mencapai 36 persen.





.jpg)










