JAKARTA, Stabilitas.id – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki optimistis kain-kain etnik tradisional (wastra) dari Indonesia semakin dilirik dan menjadi bagian dari industri fesyen dunia.
Hal tersebut diungkapkan Menteri Teten di sela-sela acara Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada Kamis (27/7/23).
Ia juga mengatakan, kain-kain wastra Indonesia dikenal memiliki keunikan dan keberagaman dari berbagai daerah, hal itulah yang menjadi unggulan produk kain dalam negeri dibanding negara lain.
“Salah satunya dari Indonesia, dua tahun lalu tenun gringsing dari Bali itu sudah dipakai oleh merek Dior. Nah ini saya kira akan banyak kain lokal wastra lainnya yang akan menjadi bagian dari produk dunia,” ungkap Menteri Teten.
Dalam mewujudkan hal tersebut, kata Menteri Teten, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) turut aktif melakukan kerja sama dengan berbagai inkubator untuk mengurasi dan mendampingi para pelaku UMKM, dan desainer lokal agar memenuhi standar dunia.
“Salah satunya KemenKopUKM yang telah bekerja sama dengan Institut Francais d’Indonesie (IFI) dan Pintu Inkubator untuk membawa produk fesyen termasuk kain tradisional masuk ke pasar Prancis dan Eropa. Karena kalau bekerja sendiri pasti butuh waktu yang lama. Bersama inkubator, mendorong bisnis UMKM ini terus berkembang ke pasar global,” ungkapnya.
MenKopUKM pun mendukung ajang KKI 2023 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) dan menjadi komitmen BI bersama Pemerintah dalam mengakselerasi berbagai kebijakan pengembangan UMKM, agar semakin produktif dan kontributif guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.
Hadir sebagai tuan rumah event KKI, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, kebangkitan UMKM dapat diwujudkan melalui tiga kata kunci, yaitu konsisten, inovasi, dan sinergi (KIS). Pertama, konsisten dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk sehingga dapat meningkatkan daya saing UMKM.
“Kedua, kami mendorong inovasi agar UMKM dapat menghadapi perkembangan digitalisasi dan tren pasar. Kebangkitan UMKM perlu didukung pula oleh transformasi UMKM yang semakin inovatif, kreatif, dan adaptif sehingga dapat memperluas akses pasar dan jaringan rantai pasok, serta meningkatkan akses pembiayaan,” ungkap Perry.
Ketiga, sinergi sebagai elemen penting dalam menciptakan kebijakan dan program yang lebih efektif dan efisien antara Kementerian/Lembaga (K/L), untuk mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM Indonesia, memperkuat sisi penawaran dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM, dan memperkuat sisi permintaan dalam rangka mendorong semangat bangga, cinta, dan beli produk dalam negeri.
KKI tahun ini mengangkat tema ‘Badarau Nusantara-Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Nusantara.’ KKI 2023 berlangsung secara offline di Hall B JCC pada 27-30 Juli 2023.***