Jakarta – Sebagai upaya untuk mendukung pengembangan usaha mikro di Tanah Air, PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”) terus meningkatkan pembiayaan di segmen ini. Melalui unit Mikro Laju, CIMB Niaga telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp1,2 triliun hingga akhir Desember 2011, meningkat 352% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, sebesar Rp271,9 miliar. Penambahan jumlah unit Mikro Laju, serta diluncurkannya produk-produk terbaru, merupakan beberapa faktor pendorong pertumbuhan tersebut.
Handoyo Soebali, Direktur Commercial Banking CIMB Niaga mengungkapkan, penyaluran kredit ke masyarakat melalui unit Mikro Laju CIMB Niaga, diharapkan dapat membantu meningkatkan pengembangan usaha, serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat kecil.
“Untuk itu, guna memudahkan nasabah memperoleh fasilitas kredit ini, unit Mikro Laju telah hadir di pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, hingga Sulawesi, dengan jumlah sebanyak 233 unit (data per Desember 2011). Tahun ini, kami berharap jumlah tersebut akan terus berkembang menjadi 350 unit,” kata Handoyo di Jakarta, Rabu (7/3/2012).
Handoyo menjelaskan, selain menambah jumlah unit MikroLaju, produk yang ditawarkan juga berperan penting menarik minat nasabah. Saat ini, Mikro Laju hadir ditengah masyarakat dengan fasilitas simpanan dan pinjaman. Dari sisi simpanan, Mikro Laju menawarkan beragam produk seperti Tabungan Usaha, Tabunganku dan Tabungan Pendidikan. Sementara itu, CIMB Niaga menyediakan dua fasilitas pinjaman, yaitu Kredit Mikro Madya, yaitu pinjaman dengan plafon hingga Rp50 juta; dan Kredit Mikro Utama, yaitu pinjaman dengan plafon hingga Rp500 juta.
Handoyo menambahkan sebagai bagian dari CIMB Niaga secara keseluruhan, nasabah Mikro Laju juga dapat menikmati keragaman layanan yang terintegrasi. Tak hanya melalui jaringan Mikro Laju yang tersebar di Tanah Air, kini nasabah Mikro Laju mulai diperkenalkan fitur unggulan CIMB Niaga dalam bentuk layanan alternate channels. Layanan ini merupakan saluran/media online 24 jam yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan berbasis Teknologi Informasi yang canggih, kapan saja dan dimana saja nasabah berada. Termasuk dalam alternate channels CIMB Niaga adalah ATM, Internet Banking – CIMB Clicks, dan Phone Banking.
“Belum lama ini, CIMB Niaga juga melakukan terobosan terbaru dengan meluncurkan layanan Go Mobile. Go Mobile merupakan layanan perbankan yang dapat diakses dengan mudah dari semua jenis ponsel, untuk menjawab kebutuhan nasabah yang dalam kesehariannya mengutamakan fleksibilitas, kecepatan dan keamanan 24 jam dalam bertransaksi di manapun nasabah berada”, tutup Handoyo.