JAKARTA, Stabilitas.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf menggelar Familiarization Trip (famtrip) bagi influencer yang berasal dari India sebagai upaya menjaring wisatawan india ke tanah air.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam pernyataan resminya di Jakarta, pada Sabtu (6/8/22) menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye promosi untuk membangkitkan pariwisata di tanah air.
“Selain itu kegiatan ini diharapkan juga menjadikan Indonesia sebagai top of mind bagi wisatawan dari India,” ungkapnya.
BERITA TERKAIT
Sementara itu, Plt. Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Agustini Rahayu mengatakan, para peserta akan mengunjungi beberapa destinasi mulai dari Jakarta, Yogyakarta dan Bali dengan key points yang diusung yaitu Food, Culture, Wellness, dan _Honeymoon Destination.
Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye promosi #ItsTimeforBali dan diharapkan dapat tetap menjaga Bali tetap sebagai top of mind tourism destination.
“Upaya ini sekaligus memperkenalkan potensi pariwisata Indonesia lainnya bagi wisatawan dari India. Selain Bali, para peserta juga akan mengeksplorasi Jakarta dan Yogyakarta,” katanya.
Saat di Jakarta, para influencer nantinya akan ditawarkan wisata berbasis urban yang identik dengan pusat bisnis dan perbelanjaan yang modern, sedangkan Yogyakarta menawarkan wisata budaya dan alam sebagai daya tarik.
Foto dan video yang dihasilkan oleh peserta famtrip akan digunakan sebagai salah satu bahan promosi pada kegiatan kerja sama promosi terpadu pasar India yang rencananya akan diselenggarakan pada September 2022.
Pelaksanaan famtrip untuk menggarap pasar India kali ini merupakan bentuk kolaborasi Kemenparekraf dengan berbagai mitra termasuk mitra co-branding Wonderful Indonesia, antara lain AirAsia, Desa Potato Head, Plataran Borobudur, Caspla Cruise, Secret Garden, dan Finns.***