• Redaksi
  • Iklan
  • Majalah Digital
  • Kontak Kami
Sabtu, November 22, 2025
  • Login
Stabilitas
  • Home
  • Laporan Utama
  • Ekonomi
  • Perbankan
  • Keuangan
  • BUMN
  • Syariah
  • UKM
  • Internasional
  • Liputan Khusus
  • Lainnya
    • Advetorial
    • SNAPSHOT
    • Eksmud
    • Figur
    • Info Otoritas
    • Interview
    • Kolom
    • Manajemen Risiko
    • Resensi Buku
    • Riset
    • Sektor Riil
    • Teknologi
    • Pariwisata
No Result
View All Result
  • Home
  • Laporan Utama
  • Ekonomi
  • Perbankan
  • Keuangan
  • BUMN
  • Syariah
  • UKM
  • Internasional
  • Liputan Khusus
  • Lainnya
    • Advetorial
    • SNAPSHOT
    • Eksmud
    • Figur
    • Info Otoritas
    • Interview
    • Kolom
    • Manajemen Risiko
    • Resensi Buku
    • Riset
    • Sektor Riil
    • Teknologi
    • Pariwisata
No Result
View All Result
Stabilitas
No Result
View All Result
Home Teknologi

Layanan Bank Harus Lebih Human-Centered

Sekarang ini human centered design selalu dikaitkan dalam program pengembangan di berbagai industri, termasuk perbankan

oleh Stella Gracia
16 Juli 2020 - 21:59
520
Dilihat
Layanan Bank Harus Lebih Human-Centered
0
Bagikan
520
Dilihat

JAKARTA, Stabilitas – Tujuan bisnis pada akhirnya adalah untuk kemaslahatan umat manusia. Meskipun ada banyak sumber daya lain dan ragam perangkat lain, pada umumnya tetap bersentuhan dengan manusia, baik sebagai pengguna maupun desainer. Itu berarti proses bisnis, sistem, aplikasi, produk dan layanan mempertimbangkan psikologi, fisiologi, sosiologi dan ilmu lainnya.

Revolusi industri 4.0 telah menciptakan banyak kemajuan bagi umat manusia, tetapi apakah telah mencapai atau mengarah kepada tujuan-tujuan tersebut di atas? Mengabaikan tujuan-tujuan tersebut, hanya fokus bisnis semata dapat “memperdalam frustasi sosial”. (WEFORUM, 2017).

Oleh karena itu, organisasi (pemerintah/korporasi/nir laba) perlu membangun pendekatan baru agar kemajuan teknologi menempatkan manusia dan standar hidupnya menjadi pusat kebijakan ekonomi/bisnis. Di era merebaknya produk dan layanan digital di berbagai sektor ekonomi, bagaimana organisasi meningkatkan kompetensi modal manusia (human capital) untuk menjadi human-centered organization?

BERITA TERKAIT

Transformasi Pembayaran Digital: Visa–DANA Hadirkan Interoperabilitas Penuh Ekosistem QRIS

Akselerasi Program 3 Juta Rumah, Bank Mandiri dan Kementerian PKP Sosialisasi Kredit Program Perumahan di Tangerang

CIMB Niaga Kucurkan Sustainability-Linked Loan Rp117 Miliar ke Anak Usaha Ever Shine Tex

SIG Sabet Juara 1 Industrial Cyberdrill Exercise 2025 Gelaran BSSN

Berangkat dari hal tersebut, hari ini Majalah Stabiltas dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menggelar virtual seminar bertema “Human-Centered Digitalization & Services” Menghadirkan pembicara Taswin  Zakaria, President Director Maybank Indonesia dan Danton Sihombing, Founder & CEO Inkara Brand Consulting.

Dalam paparannya, Taswin Zakaria mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) di era human centered design banyak dibicarakandi berbagai industri, termasuk perbankan. “Sekarang ini human centered design selalu dikaitkan dalam program pengembangan di berbagai industri, termasuk perbankan,” papar Taswin dalam virtual seminar LPPI itu. Human centered design dilakukan untuk perbaikan-perbaikan di infrastruktur teknologi informasi yang nantinya berguna bagi konsumen atau market mereka.

Taswin mengungkapkan, istilah human centered dalam layanan perbankan yang terlihat keren itu, bukanlah “barang baru”. Perbankan sudah lama mengenalnya dengan istilah consumer centris atau consumer focus, yang menjadi panduan bagi industri, khususnya perbankan dalam program development. Hanya saja, human-centered dulu belum sarat dengan pemanfaatan teknologi seperti sekarang ini yang beraktifitas berdasar data. “Mungkin juga dulu consumer focus tidak terlalu canggih dan seksi karena technology computing masih terbatas, data belum diolah dengan baik dan masih tersebar di berbagai organisasi,” terangnya.

Untuk pengolahan data tersebut, kemampuan (capability) dan kompetensi SDM karena tidak semua data tidak semua bisa dipakai, ada juga dan yang bersifat “sampah”.  “Nah, untuk memanfaatkan data yang baik dan benar itu diperlukan kompetensi SDM, yang mengerti behavior konsumen dan menganalisanya. Inilah yang kami kembangkan di Maybank, yang kami sebut Digital Ready” lanjut dia.

Dalam kesempatan yang sama Danton Sihombing, seorang konsultan brand dan desain produk  mengungkapkan, istilah human centered design lebih tepat disebut dengan design thinking.

Menurutnya, dalam desain ada suatu metodologi, orang mendesain dari siapa untuk siapa, dari manusia untuk manusia.  Memang benar esensinya dari manusia untuk manusia. Wilayah human-nya besar,” kata Danton.

Yang menarik dalam mendesain, sambung Danton, wilayah pertama adalah berempati. Empati kepada siapa?  Tentu desain yang berpusat kepada manusia.

Danton mencontohkan kepada pengembang properti yang menjual kavling pemakaman bernama San Diego Hills. Saat itu, orang Indonesia belum terbiasa dengan behavior membeli lahan makam lebih dahulu padahal dia belum meninggal. “Pengembang makam itu mengubah pola pikir masyarakat kita. Dan value creation-nya susah direplika oleh pelaku bisnis serupa,” paparnya

 
 
 
 
Sebelumnya

SIG Gelar Arisan Jago Bangunan 2.0, Bagi Tenaga Konstruksi

Selanjutnya

Amartha Targetkan Pendanaan ke 150 Ribu UMKM

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA

Related Posts

DBS Foundation & Dicoding Targetkan 70.000 Talenta Digital Muda lewat Coding Camp 2026

DBS Foundation & Dicoding Targetkan 70.000 Talenta Digital Muda lewat Coding Camp 2026

oleh Stella Gracia
31 Oktober 2025 - 12:28

Stabilitas.id – Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation bekerja sama dengan Dicoding Indonesia kembali meluncurkan Coding Camp 2026 powered by...

Hackathon dan Harapan Baru Ekonomi Kreatif di Era Web3

Hackathon dan Harapan Baru Ekonomi Kreatif di Era Web3

oleh Stella Gracia
9 Oktober 2025 - 07:06

Stabilitas.id - Di tengah geliat industri kreatif yang makin digital, sebuah inisiatif lahir dari ruang inovasi OJK, Jakarta. Nama programnya: Infinity...

ROI 285%, NPV US$1,1 Juta: VSP One Hitachi Vantara Bantu Efisiensi Data ASEAN

ROI 285%, NPV US$1,1 Juta: VSP One Hitachi Vantara Bantu Efisiensi Data ASEAN

oleh Stella Gracia
2 Oktober 2025 - 10:19

Stabilitas.id - Studi independen Total Economic Impact™ (TEI) yang dilakukan oleh Forrester Consulting menunjukkan bahwa organisasi yang menggunakan Virtual Storage...

Kolaborasi Metrodata–BeatRoute Hadirkan Platform AI untuk Penjualan Ritel Indonesia

Kolaborasi Metrodata–BeatRoute Hadirkan Platform AI untuk Penjualan Ritel Indonesia

oleh Stella Gracia
2 Oktober 2025 - 10:14

Stabilitas.id - PT Metrodata Electronics Tbk (Metrodata), perusahaan teknologi informasi terkemuka di Indonesia, resmi menjalin kemitraan strategis dengan BeatRoute, platform...

Teknologi “All-Scenario Grid Forming” Huawei Percepat Peran PLTB dan PLTS Jadi Sumber Energi Utama

Teknologi “All-Scenario Grid Forming” Huawei Percepat Peran PLTB dan PLTS Jadi Sumber Energi Utama

oleh Stella Gracia
24 September 2025 - 13:46

Stabilitas.id – Huawei Digital Power memperkenalkan terobosan All-Scenario Grid Forming Technology dalam ajang 3rd International Digital Energy Expo di Shenzhen,...

TOWR Kantongi Fasilitas Kredit Rp1,5 Triliun dari CIMB Niaga

TOWR Kantongi Fasilitas Kredit Rp1,5 Triliun dari CIMB Niaga

oleh Stella Gracia
3 September 2025 - 14:55

JAKARTA, Stabilitas.id — PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) melalui dua entitas anak, PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) dan PT...

E-MAGAZINE

TERPOPULER

  • Manajemen Kinerja Kualitatif vs Kuantitatif

    Manajemen Kinerja Kualitatif vs Kuantitatif

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Harga BBM Oktober 2025: Pertamina Naikkan Dexlite dan Pertamina Dex, Subsidi Tetap

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kasus Scam di Indonesia Tertinggi di Dunia, Capai 274 Ribu Laporan dalam Setahun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • WIKA Umumkan Gagal Bayar Surat Utang Jumbo Rp4,64 Triliun

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Diteror Debt Collector, Nasabah Seret Aplikasi Pinjol AdaKami ke Pengadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 106 Perusahaan Asuransi Raih Predikat Market Leaders 2025 Versi Media Asuransi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ini Daftar 52 Perusahaan Asuransi dan Reasuransi Terbaik 2023

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
 

Terbaru

Transformasi Pembayaran Digital: Visa–DANA Hadirkan Interoperabilitas Penuh Ekosistem QRIS

Akselerasi Program 3 Juta Rumah, Bank Mandiri dan Kementerian PKP Sosialisasi Kredit Program Perumahan di Tangerang

CIMB Niaga Kucurkan Sustainability-Linked Loan Rp117 Miliar ke Anak Usaha Ever Shine Tex

SIG Sabet Juara 1 Industrial Cyberdrill Exercise 2025 Gelaran BSSN

CIMB Niaga Edukasi Nasabah Surabaya Lewat Wealth Xpo: Dari Bisnis Next Gen hingga Warisan Kekayaan

Pendapatan Menguat, Belanja Naik: Defisit APBN Rp479,7 Triliun Tetap dalam Jalur Aman

Cari Inovasi Perumahan, BTN Housingpreneur Roadshow di USU Medan

Wärtsilä Dorong Stabilitas Listrik RI dan Kesiapan Pusat Data AI Lewat Teknologi Mesin Fleksibel

Emas Makin Dilirik untuk Dana Pendidikan Anak, Ini Alasan dan Strateginya

STABILITAS CHANNEL

Selanjutnya
Amartha Salurkan Rp970M Dana Khusus Perempuan

Amartha Targetkan Pendanaan ke 150 Ribu UMKM

  • Advertorial
  • Berita Foto
  • BUMN
  • Bursa
  • Ekonomi
  • Eksmud
  • Figur
  • Info Otoritas
  • Internasional
  • Interview
  • Keuangan
  • Kolom
  • Laporan Utama
  • Liputan Khusus
  • Manajemen Resiko
  • Perbankan
  • Portofolio
  • Resensi Buku
  • Riset
  • Sektor Riil
  • Seremonial
  • Syariah
  • Teknologi
  • Travel & Resto
  • UKM
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pesan Majalah
  • Kontak Kami
logo-footer

Copyright © 2021 – Stabilitas

Find and Follow Us

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Home
  • Laporan Utama
  • Ekonomi
  • Perbankan
  • Keuangan
  • BUMN
  • Syariah
  • UKM
  • Internasional
  • Liputan Khusus
  • Lainnya
    • Advetorial
    • SNAPSHOT
    • Eksmud
    • Figur
    • Info Otoritas
    • Interview
    • Kolom
    • Manajemen Risiko
    • Resensi Buku
    • Riset
    • Sektor Riil
    • Teknologi
    • Pariwisata

Copyright © 2021 Stabilitas - Governance, Risk Management & Compliance