JAKARTA, Stabilitas.id – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) kembali menggelar program literasi keuangan CashVille Kidz Goes to School untuk siswa sekolah dasar, bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional dan Bulan Literasi Keuangan OJK 2025. Kegiatan ini digelar pada 23 Juli 2025 di tiga SD negeri di Jakarta, yaitu SDN Gunung 01, SDN Manggarai 01, dan SDN Paseban 07, menjangkau sekitar 450 siswa berusia 9–12 tahun.
Program ini menghadirkan sesi edukasi interaktif, termasuk pemutaran video edukatif dan penyusunan rencana keuangan sederhana untuk membentuk kebiasaan finansial sehat sejak dini. Keterlibatan karyawan Maybank Indonesia, termasuk jajaran direksi seperti Direktur Operations Widya Permana dan Direktur Unit Usaha Syariah Romy Buchari, sebagai relawan pengajar memperkuat komitmen bank terhadap peningkatan literasi keuangan generasi muda.
Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan menegaskan, CashVille Kidz Goes to School merupakan wujud misi bank untuk membangun fondasi literasi keuangan pada anak-anak. “Edukasi finansial adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas institusi keuangan. Ini sejalan dengan visi kami, Humanising Financial Services, untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan keuangan yang esensial,” ujar Steffano di Jakarta, Kamis (24/7/2025).
BERITA TERKAIT
Sejak diluncurkan pada 2019 oleh Maybank Foundation dan Yayasan Maybank Indonesia bekerja sama dengan Money Tree, CashVille Kidz telah menjangkau 46 sekolah, 11.327 siswa, dan 184 guru hingga 2024. Pada 2025, program ini diperluas untuk mencakup 7.500 siswa di 27 SD di Jakarta, Medan, Lampung, Bandung, dan Yogyakarta, dengan melibatkan guru, orang tua, dan anak-anak karyawan melalui pendekatan edukatif yang menarik.
Rangkaian kegiatan CashVille Kidz 2025 mencakup Bootcamp (8 dan 10 Juli 2025) untuk 115 anak karyawan, Teachers Briefing (17 dan 24 Juli 2025) untuk 135 guru, Family Budgeting Series (Agustus 2025) untuk 1.350 orang tua, dan Financial Education Excellence Award (Desember 2025) sebagai puncak acara. Program ini sejalan dengan kampanye GENCARKAN OJK untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan.
Head of Sustainability Maybank Indonesia Maria Trifanny Fransiska menambahkan, pendekatan kolaboratif dan inklusif CashVille Kidz bertujuan mencetak generasi muda yang melek finansial. “Kami ingin membentuk anak-anak yang mampu mengelola keuangan dengan percaya diri untuk masa depan mereka,” katanya.
Puncak kegiatan adalah Maybank Regional Financial Education Excellence (FinEx) Award 2025, yang akan digelar di Indonesia pada Desember 2025. Ajang tahunan ini memberikan penghargaan kepada individu, sekolah, guru, dan keluarga atas kontribusi luar biasa dalam literasi keuangan di ASEAN, mencakup Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Singapura. Tahun ini, Maybank Indonesia menjadi tuan rumah, menyusul penyelenggaraan di Manila pada 2024. ***





.jpg)









