Untuk pertama kali dalam hidupnya, Annie Downs, seorang karyawan di lembaga nirlaba, datang menghadap ke atasannya dan mengatakan dua kalimat yang bukan saja mengubah seluruh jalan hidupnya, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Kalimat pertama, “Saya punya ide dan akan mulai menjalankannya besok.” Kalimat kedua,”Ide ini tidak akan memakan banyak biaya, dan saya rasa ide ini akan berhasil.”
Anda mungkin bertanya-tanya, apa ide Annie tersebut? Yang lain mungkin ingin tahu, bagaimana Annie menyukseskan idenya itu? Tetapi sebenarnya semua itu tak penting. Sebab, justru perubahan sikap Annie dari seorang yang sekadar menunggu instruksi atasan menjadi Annie yang berinisiatif, itulah yang telah mengubahnya. Ia bukan lagi Annie yang apatis, tetapi berani mengambil inisiatif untuk berubah, meski dengan risiko kegagalan dalam perjalanan perubahannyanya tersebut.
Berani mengambil inisiatif, itulah benang merah yang ingin disampaikan Seth Godin, penulis dua belas buku bestseller dunia, yang tulisannya telah diterjemahkan lebih dari 35 bahasa. Dalam buku terbarunya ini, yang merupakan buah kerja sama dengan Amazon, situs belanja online terkemuka, Godin meyakini, kunci sukses seseorang bertahan di dunia yang senantiasa berubah ini adalah keberanian untuk mengambil inisiatif. Namun, sayangnya justru keberanian berinisiatif inilah yang selalu dihindari orang, karena ia menuntut konsekuensi tekad kuat, jiwa besar, dan komitmen untuk bekerja keras.
BERITA TERKAIT
Buku menarik ini, dikemas dengan bahasa yang ringan dan dipenuhi ide-ide yang tak jarang akan membuat kita terperangah. Meski memiliki sedikit kelemahan sebagai suatu buku utuh seperti yang biasa dikenal publik, karena tidak ada daftar isi, bab, sub judul, dan sebagainya, tetapi sebagai sebuah bacaan motivasi, karya kolumnis di Harvard Business Review ini patut dijadikan referensi. SP





.jpg)










