NUSA DUA, Stabilitas.id – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) kembali menghadirkan event gathering internasional tahunan untuk industri asuransi Indonesia yang ke 27 kalinya, yakni “Indonesia Rendezvous” 2023 di Nusa Dua, Bali.
Indonesia Rendezvous sendiri merupakan event tahunan AAUI yang diinisiasi sebagai forum atau wadah pertemuan bagi pelaku bisnis asuransi di seluruh dunia untuk saling bertemu dan menjalin kerjasama bisnis baik antara pelaku industri asuransi lokal maupun internasional ataupun industri jasa keuangan lainnya.
Di tahun 2023 ini, AAUI mencatat jumlah peserta yang turut berpartisipasi pada acara Indonesia Rendezvous ke-27 ini sebanyak 641 peserta yang berasal dari 13 negara yang berbeda di seluruh belahan dunia. Negara-negara tersebut adalah India, Singapura, Malaysia, Hongkong, Inggris, Korea, China, Bahrain, Uni Emirat Arab, Irlandia, Amerika Serikat, Prancis, dan tentunya Indonesia.
“Kami sangat terdorong melihat daftar peserta yang terus bertambah setiap tahunnya. Ini artinya adanya peningkatan energi industri asuransi yang kita cintai ini. Energi ini untuk menjangkau, menghubungkan kembali, berkolaborasi dan bertujuan untuk yang terbaik,” kata Erickson Mangunsong, Ketua Bidang Hubungan Internasional AAUI, dalam acara Reconnecting Dinner Indonesia Rendezvous ke-27 bertempat di Gamelan Ballroom, Sofitel Hotel, Bali, Rabu (11/10/2023).
Konsep yang digunakan untuk dinner ini adalah “Beach Party Dinner” yang mana AAUI membuat konsep Welcome Dinner & Reconnecting dengan nuansa lebih santai dengan venue outdoor agar lebih memberikan keakraban dan kehangatan bagi para peserta Indonesia Rendezvous 2023 untuk lebih mengenal satu sama lain.
Adapun tema yang diangkat pada penyelenggaraan Indonesia Rendezvous kali ini adalah “Changes Ahead: Regulatory Convergence Toward Market Confidence”.
Erik menegaskan tema ini memberikan nuansa yang konsisten dalam rangkaian acara “IR” maupun perjalanan industri ke depan, dan segala upaya yang kita lakukan termasuk yang menjadi permintaan regulator kepada industri Perasuransian adalah semata untuk memperkuat kepercayaan dari masyarakat dan khususnya pemegang Polis.
Hal menarik lainnya, ajang 27th Indonesia Rendezvous kali menggunakan icon Burung Merak sebagai logo resmi event Indonesia Rendezvous 2023. “Identitas logo Burung Merak sendiri memiliki arti inspirasi budaya dari berbagai negara yang keindahannya mengagumkan,” ungkap Erik.
Selain itu, Burung Merak ini juga melambangkan proses, perjuangan, serta usaha dan kegigihan yang mana seperti tujuan dari penyelenggaraan event Indonesia Rendezvous sebagai perjuangan dari industri perasuransian Indonesia untuk terus berproses dengan gigih agar industri asuransi semakin kuat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Sedangkan warna visual yang mendominasi logo Indonesia Rendezvous kali ini adalah Biru dan Hijau yang mengartikan biru sebagai lambang loyalitas sedangkan hijau berarti pertumbuhan dan harapan. “Harapannya event ini dapat mendorong terus pertumbuhan industri asuransi yang semakin baik tentunya bermanfaat banyak bagi ekosistem perasuransian Indonesia.” ***