JAKARTA, Stabilitas.id – Igloo, perusahaan insurtech regional, mengungkapkan risiko yang paling sering dihadapi pelanggan asuransi di Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.
Peningkatan berbagai risiko, bersamaan dengan peningkatan pendapatan serta literasi keuangan pelanggan, mempengaruhi pergeseran preferensi asuransi di negara-negara berkembang tersebut.
Igloo menyadari pentingnya mengatasi risiko-risiko ini dan beradaptasi dengan perubahan preferensi pelanggan untuk meningkatkan adopsi asuransi. Salah satunya, dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai perusahaan digital terkemuka di kawasan Asia Tenggara.
Asia Tenggara telah mengalami perkembangan industri asuransi digital secara pesat selama beberapa tahun terakhir. Digitalisasi membuat konsumen semakin menuntut pengalaman membeli produk asuransi yang cepat dan mulus.
Pertumbuhan ekonomi berkelanjutan berbagai negara di kawasan Asia Tenggara terlihat berdampak positif pada industri transportasi, perjalanan dan pariwisata, serta properti dan real estat. Hal ini dikarenakan peningkatan kualitas infrastruktur berdampak terhadap peningkatan nilai properti, yang membutuhkan lebih banyak perlindungan asuransi.
Di negara-negara seperti Indonesia yang rentan terhadap bencana alam, produk asuransi yang melindungi aset mereka dari fenomena alam – seperti angin topan, gempa bumi, dan letusan gunung berapi – menjadi penting.
Perubahan iklim juga telah membawa risiko cuaca ekstrim dan kegagalan panen yang secara drastis dapat mempengaruhi terutama hasil panen padi di Asia Tenggara. Di kawasan dimana pertanian menyumbang 10,3% dari nilai PDB, petani membutuhkan perlindungan atas risiko kerugian finansial yang mungkin terjadi.
Dalam hal transportasi, kawasan Asia Tenggara memiliki tingkat kematian akibat kecelakaan lalu lintas jalan raya tertinggi kedua di antara semua wilayah WHO. Hal ini juga mendorong banyaknya asuransi untuk untuk perlindungan kecelakaan diri dan kendaraan bermotor.
Dengan semakin banyaknya risiko yang muncul di kawasan Asia Tenggara, bersama mitranya, Igloo berkomitmen untuk terus menjawab kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.***